MEMAHAMI KANDANG CLOSE HOUSE

DIFINISI KANDANG CLOSE HOUSE

Kandang close house adalah sistem kandang dimana semua bagian kandang tertutup baik dari sisi depan belakang, samping atas maupun bawah hanya disisakan ruang untuk masuknya udara (inlet) dan keluarnya udara (outlet). Karena sifatnya yang tertutup maka dalam sistem kandang close house yang harus diperhatikan adalah sirkulasi udara dengan tujuan agar kebutuhan oksigen ayam terpenuhi

SISTEM atau KONSEP KANDANG CLOSE HOUSE

Sistem kandang close house yang cocok diterapkan di daerah tropis seperti di Indonesia adalah sistem tunnel (terowongan). Sistem ini bisa digambarkan sebagai berikut

 

Sistem ini digambarkan seperti terowongan dimana udara masuk dari area inlet dan dihisap oleh kipas (kipas berfungsi sebagai outlet). Maka dengan sistem seperti ini kandang close house mengikuti hukum fluida udara.

Ini adalah konsep standar mengenai kandang ayam close house. Udara di dalam closedhouse digerakkan sepenuhnya menggunakan serangkaian exhaust fan. Aktifitas sedotan udara oleh exhaust fan ini akan menciptakan efek vakum (tekanan rendah, atau dikenal juga sebagai tekanan negatif) di seluruh ruang dalam kandang closedhouse. Kondisi ini memberi dampak paksa pada mengalirnya udara luar masuk ke dalam kandang melalui coolingpad (inlet)

Ini adalah profil (simulasi) dari sebuah lorong udara di dalam kandang ayam close house berukuran 10m x 100m dengan ketinggian 2m (standar)

Dapat dilihat pada gambar:
Terdapat serangkaian exhaust fan di ujung kandang yang bekerja bersamaan untuk menyedot udara kotor keluar dari dalam kandang. Coolingpad dipasang di kanan dan kiri ujung kandang yang satunya. Udara luar dipaksa masuk ke dalam kandang (melewati coolingpad) akibat efek sedotan rangkaian exhaust fan atau blower.

Demikianlah gambaran/konsep kandang ayam closedhouse secara umum. Kesimpulan yang dapat diambil adalah:
1. Closedhouse adalah bangunan lorong udara dengan coolingpad di salahsatu ujung dan exhaust fan di ujung yang lain.
2. Pengaturan suhu closedhouse dilakukan menggunakan sepasang mesin, yaitu mesin pendingin (coolingpad) dan mesin pemanas (central heater).
3. Pengaturan ventilasi (evakuasi udara kotor dalam kandang) dilakukan menggunakan serangkaian exhaust fan.

Sehingga dapat dikatakan bahwa: closedhouse adalah sebuah lorong udara aktif, yang memiliki kemampuan pengendalian temperatur udara yang berada di dalamnya.

Clos

Jadi Kandang ayam close house bukan soal tempat pakan otomatis atau manual, juga bukan mengenai TMAO atau line drink nipple. Kandang ayam closedhouse bukan soal pencahayaan menggunakan lampu LED atau lampu CFL dan bukan pula soal menggunakan central heater, oil burner atau gasolek (radiant heater). Kandang Close house murni merujuk pada konsep iklim mikro dan bangunannya untuk meningkatkan efisiensi pakan menjadi daging setinggi mungkin, menekan kematian, mempercepat pertumbuhan bobot ayam yang akhirnya berujung pada hari produksi yang singkat, kepadatan yang lebih tinggi, penghematan pakan dan efisiensi produksi besar-besaran. Hanya saja, adanya alat-alat tersebut akan sangat membantu manajemen saat kandang closedhouse beroperasi.

 

MENGAPA HARUS KANDANG CLOSE HOUSE

Perkembangan genetik ayam dari tahun ke tahun semakin besar sebagai gambaran pada tahun 1990 an ayam mencapai berat badan sekitar 1,8 pada umur 40 hari ketas, dengan kondisi yang sama saat ini bisa dicapai pada umur 28 hari, demikian juga dengan feed conversy ratio (FCR) yang semakin hari semakin baik.

Perkembangan genetik yang demikian pesat menutut management baik management perkandangan, pakan dan pemeliharaan yang bagus, sehingga potensi genetik bisa di munculkan dengan maksimal. Di beberapa daerah perusahaan kimitraan sudah mewajibkan menggunakan kandang ayam sistem close house karena performance produksi yang bagus sehingga meminimalisasi kerugian.

Dari sisi management perkandangan ayam idealnya membutuhan suhu yang rendah tapi tidak terlalu lembab (lembab kering) hal ini tidak dapat tercapai jika menggunakan kandang open, mengingat Indonesia berada di daerah tropis denganj suhu rata rata yang tinggi, oleh karena itu kandang ayam close house merupakan solusinya.

Perbandingan hasilk kandang close house dan open house

Sumber info medion

Tabel diatas menunjukkan fakta dilapangan bahwa kandang ayam close house mampu membantu menampilkan performance genetic ayam lebih maksimal

Disisi lain permasalahan lingkungan khususnya bau dan lalat merupakan masalah yang bisa menimbulkan ketegangan di masyarakat sekitar kandang, banyak kandang yang terpaksa ditutup paksa oleh warga sekitar karena permasalahan bau dan lalat. Dengan sistem kandang ayam close house yang benar permasalahan ini bisa ditangani. salah satu buktinya di beberapa daerah jika bikin kandang ayam di wajibkan memakai sistim kandang ayam close house.

READ  BIAYA PEMBUATAN KANDANG CLOSE HOUSE 2020

 

PRINSIP KANDANG AYAM CLOSE HOUSE

Prinsip kandang close house bisa dijelaskan dengan gambar berikut :

 

Prinsip kandang close

 

Prinsip kandang ayam close house adalah pengaturan sirkulasi udara yaitu udara masuk pada area yang ditentukan yang kemudian di sebut dengan inlet dan dihisap oleh kipas yang berfungsi sebagai outlet, sehingga mengikuti kaedah kaedah fluida udara, dengan adanya aliran udara yang konstan maka akan dapat mengakibatkan penurunan suhu effectif (suhu yang dirasakan) oleh ayam. Dan apabila penurunan suhu dirasakan kurang maka inlet di fungsikan sebagi evavorator yaitu menguapkan air sehingga uap air dihisap oleh kipas dan akhirnya menurunkan suhu dalam kandang.

Dengan prinsip diatas maka untuk mencapai suhu kelembaban kecepatan angin yang ideal maka perhitungan jumlah dan kemampuan kipas serta luas dan bahan inlet menjadi kunci utama keberhasilan kandang ayamclose house. Sebetulnya bukan hanya kecepatan angin yang diperhatikan akan tetapi exchange rate (lama pergantian udara) yang bebih diperhatikan karena ini terkait dengan supplay oksigen dalam kandang.

Dengan mempertimbangan fungsi supplay oksigen maka dalam penempatan inlet harus benar benar diperhatikan sehingga udara yang masuk ke dalam kandang mempunyai kandungan oksigen yang bagus.

 

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN KANDANG CLOSE HOUSE

Keuntungan dan kerugian kandang ayam close house bisa dagambarkan dengan  tabel berikut :

Adapun dalam biaya operasional cost per birdnya jauh lebih tinggi kandang close house karena kandang close house mengadalkan sistem kelistrikan, akan tetapi hasil akhir lebih baik kandang close house daripada open house dikarenakan FCR dan tingkat kematian yang lebih bagus kandang close house

ALAT ALAT YANG DIGUNAKAN DALAM KANDANG AYAM CLOSE HOUSE.

Alat alat yang digunakan agar kandang ayam close house erjalan dengan maksimal anatara lain :

1.  Kipas / exhaust Fan / Blower

Alat ini adalah alat yang paling vital paling penting bisa di bilang sebagai jantung sisitem close house. Fungsi alat ini (blower) dalam kandang ayam close house adalah menghisap udara dari dari dalam kandang untuk di buang ke uar kandang.

Ada bebebrapa tipe kipas atau blower yang digunakan di kandang ayam close house ada box fan ada cone fan ada juga butterfly cone fan.

Tipe box fan

Tipe Butterfly Cone fan

Tipe Cone Fan

 

Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan bloser atau kipas di kandang ayam close house adalah kemampuan hisap atau yang familier disebut daya hisap, yaitu berapa m3 udara yang bisa dikeluarkan oleh kipas dalam satuan waktu tertentu.

Karena ini akan menentukan sirkulasi oksigen dalam kandang dan kemampuan menurunkan suhu dalam kandang.

Untuk mengetahui daya hisap blower atau kipas yang dipakai di dalam kandang ayam close house bisa dilihat dari hasil base lab yang dikeluarkan pabrikan. Berikut salah satu hasil base lab dari salah satu merk kipas

Spesifikasi Kipas kandang close house
Spesifikasi Kipas kandang close house merk Multi fan

Spesifikasi Kipas

Bagaimana dengan kipas hasil industri yang belum ter SNI atau ISO yang belum ada base labnya, apa bisa digunakan?

Jawabnya Bisa, akan tetapi harus diketahui kemampuan hisapnya artinya harus diukur dahulu daya hisapnya?

Untuk mengukur daya hisap alat yang digunakan adalah anemometer, merk yang paling populer adalah kestrel, adapun merk yang secara teknis bisa diguanakan.

cadapun cvara mengukur daya hisap sebai berikut :

Jalankan kipas atau bloser ada juga yg menyebut exhaust fan  yang akan digunakan di kandang ayam close house, kemudian tempelkan anemometer tepat di belakang kipas seperti ilustrasi dibawah ini

Mengukur daya hisap kipas
Cara meletakkan anemometer

Lakukan pengukuran di sembilan titik yang berbeda, ilustrasi seperti gambar dibawah ini

menghitung daya hisap kipas
titik titik yang diukur kecepatan anginnya

 

Catat hasil pengukuran kemudian dihitung dengan cara sebagai berikut (ilustrasi gambar di bawah ini)

rumus menghitung daya hisap kipas kandang close house
rumus menghitung daya hisap kipas kandang close house

Dengan demikian kita bisa menghitung daya hisap real kipas yang belum ada base labnya. sehingga dari data tersebut bisa kita gunakan untuk menghitung kebutuhan kipas yang kita akan gunakan, sehingga kandang ayam close house yang kita bangun dapat berfungsi optimal.

Catatan : cara pengukuran diatas dalam keadaan 0 (nol) pa (pascal), jadi dalam mengaplikasi di kandang ayam close house harus diperhatikan tekanan di dalam kandang ayam close house, semakin besar tekanan dalam kandang ayam close house kinerja kipas atau blower akan menurun.

Exhaust fan atau blower kandang close house pada prinsipnya merupakan kipas industri raksasa dengan dua tipe yang umum dijumpai di pasaran indonesia. Ber-cone maupun tanpa cone. Exhaust fan dengan cone secara teori memiliki kemampuan kerja yang lebih tinggi daripada kipas tanpa cone, namun memakan tempat yang lebih besar. Keputusan antara dimensi kipas versus performa airspeed perlu dipertimbangkan saat perancangan closedhouse. Faktor berikutnya yang perlu dipertimbangkan saat memilih kipas untuk closedhouse adalah kemampuan kipas dalam menghasilkan tekanan statik.

READ  PANDUAN RINGKAS MEMBUAT KANDANG CLOSE HOUSE

Indonesia adalah negara dengan kecenderungan iklim berkelembaban yang tinggi. Mesin pada kipas exhaust (apapun modelnya, ber-cone maupun tidak ber-cone) harus memiliki syarat dasar tahan terhadap cipratan air. Jangan memilih kipas exhaust yang tidak memiliki sertifikasi IP marking (international Protection) yang rendah, apalagi tanpa sertifikasi IP. Kode IP dapat dilihat melalui tautan berikut:
https://en.wikipedia.org/wiki/IP_Code

IP code
IP code pembacaan kwalitas dinamo blower kipas kandang close

Dinamo

Gunakan motor kipas dengan IP diatas 42. Dalam foto diatas, IP motor adalah IP 55 yang berarti:
5 (pertama) = tahan debu
5 (kedua) = tahan semburan nozzle

Gunakan juga kipas dengan merk (brand) motor yang baik. Kami menyediakan semua kipas standar yang cocok untuk iklim indonesia.

Exhaust fan juga harus memiliki shutter (louvren) yang baik yang bisa dibuka-tutup sejalan dengan kekuatan putaran baling-baling. Semakin cepat baling-baling berputar, semakin besar bukaan shutternya. Tujuan adanya shutter ini adalah:
1.) mencegah udara kotor terhisap kembali ke dalam kandang akibat aktifitas fan tetangganya
2.) melindungi baling-baling kipas serta perangkat dalam kipas dari cuaca luar (hujan)
3.) menekan efek kebocoran kandang akibat kipas lain yang terbuka

Sampai saat ini, terdapat tiga mekanisme open-closed shutter exhaust fan. Pertama menggunakan mekanisme bandul pemberat, kedua menggunakan mekanisme kunci sentrifugal dan ketiga menggunakan mekanisme shutter ringan (terbuka sendiri ketika ada sedotan angin). Yang paling baik (handal dan proporsional) dari semuanya adalah mekanisme open shutter sentrifugal, yang mampu membuka shutter sejalan dengan kecepatan baling-baling kipas.

Yang perlu kita pertimbangkan dalam pemasangan exhaust fan atau blower di kandang ayam close house adalah:
1. Pastikan shutter bekerja dengan baik
2. Pastikan belt kipas cukup kencang
3. Pastikan tersedia listrik yang cukup untuk kipas

kandang ayam close house standar menggunakan jaringan listrik 3 fasa sebagai sumberdaya primernya. Kipas akan bekerja selama 24 jam sehari, tanpa henti dari mulai DOC datang sampai ayam siap dipanen. Hal ini akan lebih ekstrem di kandang petelur. Kipas benar-benar tidak boleh berhenti samasekali sejak DOC petelur masuk. Saat ada satu kipas berhenti, kenyamanan ayam berubah (aliran udara di dalam kandang menjadi tidak simetrik) dan ayam akan sempat mogok bertelur, minimal turun produksi.

Exhaust fan ini secara praktis adalah sistem penyangga hidup ayam di dalam kandang closedhouse. Pada kandang closedhouse broiler (pedaging), waktu terlama yang diijinkan untuk kipas boleh berhenti menyala adalah 15-45 menit tergantung usia ayam. Semakin besar ayam yang ada di kandang maka semakin kecil toleransi waktu berhenti kipas tersebut. Pada closedhouse standar, biasanya terdapat sebuah mekanisme buka-tutup (tirai) dinding untuk berjaga-jaga semisal terjadi padam listrik mendadak, serta generator tidak mampu berfungsi dengan baik.

2. Colling pad atau celldeck

Alat ini merupakan salah satu alat utama dalam sistem kandang close house

 

colling pad
Colliong pad untuk kandang close house

 

celldeck
Penataan Celldeck di sisi kandang close house

 

Colling pad
Colling pad lengakap instalasi air kandang close house

 

Gambar diatas adalah gambar coolingpad. Coolingpad akan mendinginkan udara masuk  ke kandang ayam close house menggunakan kucuran air yang dirembeskan ke pad selulosa. Air hasil kucuran akan ditampung menggunakan talang, kemudian di-pool pada suatu tandon air. Air tersebut kemudian di saring kemudian di re-sirkulasi untuk mendinginkan pad selulosa kembali.

Tujuan coolingpad di kandang ayam close house adalah memaksa udara panas yang tersedot masuk ke dalam closedhouse (oleh exhaust fan di salahsatu ujungnya) untuk menguapkan lapisan air tipis pada pad selulosa. Ketika udara panas bersentuhan dengan lapisan air, maka akan terjadi pertukaran panas. Udara menjadi dingin, air menjadi lebih hangat dan sebagian berubah fasa menjadi uap air. Yang terjadi adalah udara masuk yang bersifat panas kering, akan masuk ke dalam ruang dalam kondisi (lebih) dingin dan lembab. Timbul efek pendinginan sekaligus kelembaban udara akan naik akibat proses yang terjadi di dalam coolingpad ini.

READ  PRINSIP KANDANG CLOSE HOUSE

Karena untuk tujuan tersebut diatas maka coliing pad yang bagus untuk kandang ayam close house adalah colling pad yang mampu menyerap air lebih banyak. Untuk memilih colling pas yang bagus silahkan baca artikel ini (klik disini)

 

3. Controller

Adalah alat bantu electrical yang berfungsi sebagai menjalan sistem kandang closse house secara otomatis, atau istilah yang umum dipakai adalah Temtron walaupun sejatinya Temtron adalah salah satu merk dari controller yang beredar luas di masyarakat dan masih banyak merk lain yang beredar dilapangan.

Ada dua komponen utamka dalam cotroller yaitu sensor dan main control, dalam memlih controller ini kita harus memperhatikan fitur dan algoritma yang dipakai

Temtron
Temtron terpasang di panel Kandang Close House

 

holitron
Controler kandang Ayam Close house merk Holitron

Controller merk Holitron

4. Plavon dan dinding

Plavon dan dinding adalah komponen yang vital, untuk mendapatkan fungsi yang optimal pada kandang ayam close house maka plavon dan dinding harus tidak terdapat kebocoran. Dalam hal ini ada dua golongan yaitu solid wall dan non solid wall

Untuk solid wall bahan bisa dari galvalum, habble, sandwich panel dll, untuk non solid wall bahan yang biasa digunakan adalah terpal

Keuntungan solid wall adalah sangat minim kebocoran kelemahannya jika dalam keadaan darurat tidak bisa di buka beda dengan terpal. Adapun kelemahan terpal adalah sangat dimungkinkan adanya kebocoran.

Karena perbedaan inilah maka kepadatan ayam di kandang close house  yang direkomendasikan berbeda

Perbandingan kepadatan kandang close house
Perbandingan Kepadatan untuk dinding terpal dan solid Wall

Sumber Cobb guiden

Apabila pilihannya jatuh pada penggunaan terpal maka disarangkan menggunakan terpal yang bagus minimal A 12 sehingga tingkat kerapatan terjamin. Dan juga menggunakan Curt O matic dengan tujuan agar terpal terbuka sendiri jika listrik mati atau padam

Curt O matic
Curt O matic otomatis tirai turun untuk kandang close house

5. Pemanas

Pada prinsipnya kandang ayam close house bisa menggunakan pemanas jenis apapun, yang perlu diperhatikan adalah tingkat effisiensinya, dan kemudahaan keterssediaan bahan bakar pemanasnya.
untuk daerah yang mudah mendapat LPG pemanas central berbahan bakar LPG sangat disarankan.
adapun di daerah yang mudah mendapatkan solar pemanas central berbahan bakar solar direkomendasikan.

Central Heather berbahan bakar LPG untuk kandang close house
Central Heather berbahan bakar LPG untuk kandang close house

 

Sentral Heather Solar untuk Kandang Close house
Central Heather berbahan bakar solar untuk kandang close house

 

6. Tempat pakan dan tempat minum ayam

Tempat pakan dan tempat minum ayam di kandang close house bisa menggunakan tempat pakan manual maupun otomatis. tempat minum bisa menggunakan nipple maupun tempat minum jenis yang lain, yang perlu diperhatikan adanya jumlah dan aksestabilitasnya, sehingga setiap ayam yang dipelihara mempunyai kesempatan makan dan minum yang cukup.

Kandang ayam close house manual
Kandang ayam close house dengan pakan manual

 

Kandang ayam close house otomatis
Kandang ayam close house dengan pakan otomatis

 

Kandang ayam close house bukan soal tempat pakan otomatis atau manual, juga bukan mengenai TMAO atau line drink nipple. Kandang ayam closedhouse bukan soal pencahayaan menggunakan lampu LED atau lampu CFL dan bukan pula soal menggunakan central heater, oil burner atau gasolek (radiant heater). Kandang Close house murni merujuk pada konsep iklim mikro dan bangunannya untuk meningkatkan efisiensi pakan menjadi daging setinggi mungkin, menekan kematian, mempercepat pertumbuhan bobot ayam yang akhirnya berujung pada hari produksi yang singkat, kepadatan yang lebih tinggi, penghematan pakan dan efisiensi produksi besar-besaran. Hanya saja, adanya alat-alat tersebut akan sangat membantu manajemen saat kandang ayam close house beroperasi.

SEMOGA BERMANFAAT

 

 

Similar Posts:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat