MENGHITUNG KEBUTUHAN KIPAS / BLOWER DAN COLLING PAD KANDANG AYAM CLOSE HOUSE (inlet – oulet kandang close house)

Menentukan kebutuhan kipas dan luasan colling pad merupakan hal yang mendasar dalam merencanakan kandang ayam close house, hal ini di dasarkan pada tujuan kandang ayam close house adalah untuk mendapatkan mikro climat yang ideal untuk pertumbuhan ayam. beberapa Parameter yang menandakan mikro climate baik adalah supplay oksigen yang cukup, terbuangnya gas gas berbahaya dari dalam kandang dan tercapai suhu yang ideal.

Blower tipe Butterfly kandang ayam close house 3 lantai
Blower tipe Butterfly kandang ayam close house 3 lantai

 

MENGHITUNG KEBUTUHAN KIPAS / BLOWER KANDANG CLOSE HOUSE

Sebelum menghitung berapa jumlah kipas maka  syarat yang harus diketahui adalah berapa daya hisap kipas atau blower yang digunakan, tidak semua kipas atau blower dengan ukuran yang sama mempunyai daya hisap yang sama, contoh ekstrimnya antara kipas pabrikan denganm kipas rakitan akan berbeda daya hisapnya.

Ada 2 metode atau pendekatan  yang digunakan untuk menghitung jumlah kipas atau blower yang digunakan pada kandang close house yaitu :

  1. Maksimum ventilation
  2. Minimum ventilation

1.  MAKSIMUM VENTILATION

Menghitung jumlah kipas untuk kandang close ayam dengan pendekatan maksimum ventilation didasarkan pada asumsi bahwa kandang ayam close house adalah tunnel (terowongan) seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

 

 

tunnel system

karena asumsi kandang sebagi tunnel maka berlaku hukum bernouli, sehingga yang diperhitungkan hanya luas penampang kandang, sedang panjang kandang diabaikan. 

ini adalah vidio penjelasan hukum bernauli

secara praktis (bernaulli’s principle) yang kalau kita lihat persamaannya hukum bernauli tidak melihat panjang atau pendeknya penampang tapi luasan penampang, potensial energy dan energi kinetik. Di kandang energi potensial katakanlah sama maka kita akan melihat 2 faktor yang mempengaruhi aliran udara yaitu satu besaran tekanan dan kedua besaran penampang.

Maka cara menghitung kebutuhan kipas untuk kandang ayam close house adalah sebagai berikut :

READ  PRINSIP KANDANG CLOSE HOUSE

Luas penampang (cross section) X kec angin x 3600 diperoleh nilai total daya hisap yang dibutuhkan. Dari nilai tersebut tinggal di bagi dengan daya hisap kipas yang kita gunakan.

Misal kandang ukuran 12 x 120 m dengan tinggi 2 m maka 

luas Penampang 2 x 12 = 24 m2

Kecepatang angin yang dikehendaki misal 3 m/dt

Maka didapat nilai 24 x 3 x 3600 = 259.200 m2/jam

jika daya hisap per kipas yang kita miliki adalah 44.500 m2 / jam maka kebutuhan kipas 259.200 / 44500 = 5,8 kipas (dibulatjkan 6 kipas)

Bagaimana jika panjang beda sementara lebar dan tinggi sama seperti gambar di bawah ini

Sumber foto : FB mas Amiluddin

Kalau asumsinya adalah tunnel maka kebutuahan kipas untuk mencapai kecepatan angin yang sama adalah sama tidak terpengaruh panjang kandang. Bagaimana bisa ?

Coba banyangkan pipa diisi air, diujungnya kita lubangi. Coba di  perkirakan jika kita memompa pipa dengan panjang yang berbeda2 tapi tekanan yang kita berikan sama apakah kecepatan aliran air dalam pioa tadi sama? Dengan asumsi diameter dan kerapatan air dan BJ airnya sama. Jawabnya sama
Air dan udara mengikuti hukum dasar yang sama yaitu azaz bernouli

Sekali lagi asusmsinya ADALAH TUNNEL tapi apakah kandang close house itu tunnel ya jelas tidak karena ada halangan berupa tiang banguan tempat pakan tempat minum dan asesoris lainnya, sehingga dengan panjang kandang yang berbeda akan dihasilkan kecepatan angin yang berbeda walaupun jumlah kipas dan luas penampang sama.

 

2. MINIMUM VENTILATIAON

Cara menghitung kebutuhan kipas untuk kandang close house dengan pendekatan minimum ventilation adalah dengan menghitung kebutuhan minimal oksigen untuk ayam, adapun caranya dengan menghitunng beban kandang maksimal (jumlah ayam dikalikan berat afkir ) kemudian dikalikan kebutuan udara yang di pindahkan untuk per kilogram berat ayam, Selanjutnya hasilnya dibagi dengan daya hisap kipas yang digunakan

Contoh :

READ  MEMAHAMI KANDANG CLOSE HOUSE

Kandang ukuran 12 x 120 m

Kepadatan 15 ekor per m2

berat afkir 2,2 kg

Maka beban kandang adalah 12 x 120 m x 15 x 2,2 = 47.520 kg 

Kebutuhan volume udara yang diperlukan untuk 1 kg ayam adalah 4 cfm (cobb guiden)

Maka untuk 1 kandang dibutuhan kipas dengan daya hisap 47.520 x 4 = 190.080 cfm

Jika kipas yang kita gunakan mempunyai daya hisap 26.000 cfm, maka kebutuhan kipas nya adalah 190.080 : 26.000 = 7,3 (dibulatkan 8 kipas)

 

Demikianlah cara menghitung kebutuhan kipas untuk kandang ayam close house, maka yang paling penting diketahui adalah data sheet daya hisap kipas yang digunakan. Berikut ada data sheet daya hisap kipas dari 2 pabrikan

Data sheet daya hisap kipas prod cina
Data sheet daya hisap kipas prud Multifan Belanda

Yang perlu diperhatikan dari data sheet diatas adalah nilai daya hisap pada tekanan tertentu, karena kadang ayam close house tekanannya buka 0 pa.

 

CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN COLLING PAD / CELLDECK  INLET KANDANG CLOSE HOUSE 

Cara menghitung kebutuan colling pad atau celldeck untuk inlet kandang ayam close house adalah dengan membagi daya hisap kipas yang digunakan dibagi kecepatang udara yang dikehendaki di depan colling pad

Misal jika pakai kipas atau blower  dengan daya hisap 44.500 m2/jam dengan kecepatan angin 2,3 m/detik di dekat celldeck maka luas inletnya
 
(44.500m2/jam : 3600) ; 2,3 = 5,37 m2
Jadi per unit kipas memerlukan inlet seluas 5,37 m2
KAMI MENJUAL KIPAS BLOWER, COLLING PAD DAN SEMUA ALAT KANDANG CLOSE HOUSE DENGAN KWALITAS PRIMA DAN HARGA BERSAING
HUBUNGI KAMI 082333341149 ATAU 087861478042
JANGAN RAGU RAGU KONSULTASIKAN KONSEP KLANDANG ANDA KEPADA KAMI 
KEPUASAN ANDA KABAHAGIAN KAMI

Similar Posts:

READ  PANDUAN MERENOVASI / MERUBAH KANDANG TERBUKA / OPEN MENJADI CLOSE HOUSE UNTUK AYAM PETELUR DAN BROILER / PEDAGING

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat